F Apa Itu Kanker ? Penyebab dan Pencegahannya - Toko Herbal Azis

Apa Itu Kanker ? Penyebab dan Pencegahannya

Apa itu Kanker ?

apa itu kanker, penyebab kanker,pencegahan kanker,gejala kanker,obat herbal kanker, tasly giseng rh2,ramuan alami kanker gingseng rh 2,obat kanker alami

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk penyakit di mana sel-sel abnormal membelah tanpa kontrol dan mampu menyerang jaringan lain. unsur tunggal dalam setiap makhluk hidup adalah sel, sel di ibaratkan seprti bunga, yang tumbuh mekar kemudian layu, Pada kondisi yang normal sel yang tumbuh dan sel yang mati  memiliki siklus  yang seimbang,karena seimbang sehingga sel sel ini menjadi stabil. jika sel sel ini tidak seimbang dan tidak stabil Sel-sel kanker dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh melalui darah dan sistem limfe timbul lah pertumbuhan sel yang abnormal yang biasa d sebut tumor atau kanker.

Kanker banyak jenisnya, kurang lebih  Ada lebih dari 100 berbagai jenis kanker. Sebagian besar kanker diberi nama ketika sel itu mulai di suatu organ - misalnya, kanker yang dimulai di lambung maka sering di sebut kanker lambung; kanker yang berawal di sel-sel basal kulit disebut karsinoma sel basal.

Para ahli mengelompokkan kanker dalam kategori yang lebih luas, yaitu :
  • Carcinoma - kanker yang dimulai di kulit atau pada jaringan yang mencakup garis atau organ internal.
  • Sarcoma - kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau lainnya atau mendukung jaringan penghubung.
  • Leukemia - kanker yang dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan masukkan darah.
  • Lymphoma and myeloma - kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh.
  • Central nervous system cancers - kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

 

Apa penyebab Kanker ? 

Penyebab kanker secara umum tidak dapat diketahui secara pasti, karena merupakan gabungan dari beberapa faktor, baik genetik atau lingkungan. Namun ada beberapa faktor yang diduga menjadi resiko terjadinya kanker, di antaranya :

Faktor Keturunan
Ketika keluarga memiliki riwayat kanker maka resiko kanker akan lebih tinggi menderita kanker di banding keluarga lainnya yang tidak mempunyai riwayat kanker.

Faktor Lingkungan
Merokok sangat memicu meningkatnya resiko terjadinya kanker paru-paru, mulut, laring (pita suara), dan kandung kemih. Faktor lingkungan lainnya, yaitu Sinar Ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh.

Faktor Makanan
Makanan yang tidak sehat dan mengndung bahan kimia juga dapat menjadi faktor risiko penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan.

Faktor Terserang Virus
Virus yang dicurigai dapat menyebabkan kanker antara lain : 1) Virus Papilloma; 2) Virus Sitomegalo; 3) Virus Hepatitis B; 4) Virus Epstein - Bar; 5) Virus Retro pada manusia misalnya virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.

Faktor Infeksi
Parasit Schistosoma (bilharzia) dapat menyebabkan kanker kandung kemih karena terjadinya iritasi menahun pada kandung kemih.

Faktor Gaya Hidup
Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan daging yang diawetkan, minuman beralkohol. Selain itu, perilaku gaya hidup seksual yaitu melakukan hubungan intim diusia dini atau sering gonta ganti pasangan.

Gangguan Keseimbangan Hormonal
Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim dan kanker prostat dan buah zakar pada pria.

Faktor Kejiwaan
Stres berat dapat menyebabkan ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel jadi hiperaktif dan berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker.

Radikal Bebas
Radikal bebas adalah suatu atom, gugus atom, atau molekul yang mempunyai electron bebas tidak berpasangan dilingkaran luarnya. Sumber-sumber radikal bebas yaitu :
1) Radikal bebas terbentuk sebagai produk sampingan dari proses metabolism;
2) Radikal bebas masuk ke dalam tubuh dalam bentuk racun-racun kimiawi dari makanan , minuman, udara yang terpolusi, dan sinar ultraviolet dari matahari;
3) Radikal bebas diproduksi secara berlebihan pada waktu kita makan berlebihan (berdampak pada proses metabolisme) atau bila kita dalam keadaan stress berlebihan, baik stress secara fsik, psikologis,maupun biologis.


Gejala gejala kanker 

Semua penyakit memiliki gejala atau sinyal kepada tubuh yang menandakan ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Gejala itu sendiri bisa di rasakan sendiri atau bisa di lihat orang lain bahkan ada gejala yang dapat di lihat oleh seorang dokter karena keahlian dan pengalamannya menangani berbagai jenis penyakit 

Kanker adalah suatu penyakit yang hampir memiliki gejala, gejala kanker bisa di lihat dimana sel kanker itu berada,seberapa besar dan banyak sel kanker itu mempengaruhi organ atau jaringan di dekatnya, jika kaker telahmenyebar (metastatis) maka gejala akan muncul di berbagai bagian tubuh, dan terus mendorong pada organ terdekat, pembuluh darah, dan saraf.
misalnya bila kanker mempengaruhi bagian tertentu di otak, maka akan ada gejala seperti tumbuhnya tumor kecil.

Tapi kadang gejala tumor tidak terlihat tapi tumbuh cukup besar, seperti kanker Pankreas,kanker ini tidak menimbulkan gejala dan tidak di rasakan di luar tubuh,namun tumbuh di sekita dekat saraf sehingga mnyebabkan sakit punggung, atau tumbuh di sekitar daerah empedu dan menghambat aliran empedu. Kanker pankreas akan menimbulkan gejala ketika kanker ini sudah masuk ke setadium lanjut, ini berarti telah tumbuh dan menyebayr melampaui batas tempat mulainya kanker pankreas.

Sebuah kanker juga dapat manyebabkan demam,kelelahan yang ekstrim, kehilangn berat badan sistem kekebalan tubuh yang menurun drastis, di sebabkan sel sel kankler manghabiskan banyak pasokan energi tubuh, hingga akhirnya tubuh menjadi sangat lemah.
Kadang kanker jugamelepaskan zat ke aliran darah, seperti kanker pankreas dapat melepaskan zat yang dapat menyebabkan gumpalan darah di pembuluh darah kaki, atau kanker paru, zat ini mempengaruhi saraf dan otot, membuat orang merasa lemah dan pusing.

Pencegahan Kanker

Menurut para ahli dari rumah sakit dharmais Kanker dapat dicegah dengan menghindari penyebab dan faktor risiko serta bergaya hidup sehat.
Cara hidup sehat yang dapat menurunkan risiko kanker adalah :

•    Mengurangi makan makanan berlemak
•    diet seimbang dan olahraga teratur
•    Mengurangi makan makanan yang diawetkan
•    Membatasi minum minuman mengandung alcohol
•    Lebih banyak makan makanan berserat
•    Lebih banyak makan makanan mengandung vitamin A dan C
•    Lebih banyak makan makanan yang segar
•    Hindari kebiasaan merokok
•    Olah-raga teratur (4x/minggu, 30-60 menit)
•    Keseimbangan dalam hidup
     - Upayakan hindari stres
     - Sediakan waktu untuk bersantai bersama keluarga dan melakukan hobby
     - Taat beribadah

•    Periksakan kesehatan secara teratur
     - Vaksinasi (Vaksinasi untuk Hepatitis dan HPV)
     - Uji kesehatan umum
     - Deteksi dini kanker
     - Perhatikan setiap perubahan pada diri
     - Ketrampilan untuk memeriksa diri sendiri seperti: SADARI (Periksa Payudara Sendiri )   

Kanker juga mudah diobati jika ditemukan dalam stadium dini. Biasanya jika gejala telah banyak dirasakan, kanker sudah dalam keadaan lanjut. Kanker yang dapat dilakukan pemeriksaan deteksi dini adalah :

•    Kanker Leher Rahim
•    Kanker Payudara   
•    Kanker Hati     
•    Kanker Kolorektal
-    Kanker prostat

Semoga ini menjadi wawasan buat anda dan mengetahui informasi tentang kanker

Baca juga : obat herbal alami untuk semua jenis kanker

0 Response to "Apa Itu Kanker ? Penyebab dan Pencegahannya"